Selain Indonesia Inilah Negara Lain Yang Memblokir Layanan Telegram

0
143
views
Telegram

Pengguna Telegram sudah pasti kecewa ya karena Telegram versi desktop di blok aliast tidak bisa diakses di Indonesia, bukan tanpa alasan kenapa pemerintah melakukan hal tersebut, pasti sudah tahu  alasannya ya?

Berita terbaru dari liputan6.com, bahwa Kementerian Komunikasi dan Informtikan menegaskan, pihaknya belum akan melakukan normalisasi situs web Telegram yang diblokir sampai penyedia pesan instan tersebut memenuhi persyaratan yang dimintai oleh pemerintah.

Ternyata pemblokiran ini bukan hanya di Indonesia saja, melainkan ada beberapa negara yang juga memblokir aplikasi pesan instan ini. Berikut adalah 4 Negara yang juga memblokir Telegram.

4. Rusia

Negara rusia memblokir pesan instan Telegram pada Juni 2017 dengan alasan yang sama dengan Indonesia. Yaitu pemerintah Rusia menemukan adanya pesan Teroris di Telegram.

3. Iran

Di negara ini aplikasi Telegram cukup populer, dimana tercatat lebih dari 40 juta pengguna aktif tiap bulannya, Namun di Iran tidak melakukan blokir secara sepenuhnya, karena hanya fitur panggilan telpon yang dimatikan pada April 2017.

Hal ini dilakukan karena adanya protes dari penyedia layanan telpon di Iran, mereka mengganggap Telegram akan membuat 40 juta pengguna lebih memilih Telegram untuk melakukan panggilan Telpon.

2. Arab Saudi

Negara ini melakukan blokir Telegram demi alasan keamanan, pemblokiran ini dilakukan pada Januari 2016, namun meskipun sudah di blokir pengguna di Arab Saudi masih bisa menggunakan Telegram dengan Virtual Private Network (VPN)

1. Tiongkok

Negara Tiongkok adalah negara pertama yang memblokir Telegram pada tahun 2015, dimana saat itu sedang terjadi perang siber antar operator Telegram  di Asia Pasifik. Pemerintah Tiongkok langsung menutup layanan Telegram melalui halaman web, guna menghindari serangan siber tersebut.

Mungkin Anda masih ingin menambahkan negara mana lagi yang memblokir Telegram? Silahkan tambahkan di komentar ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here