TelkomGroup Beraliansi Strategis dengan Cellum Global Hungaria

0
185
views
CEO Metranet Widi Nugroho (kiri) bersama CEO Cellum Jànos Kóka (kanan) disaksikan oleh SVP Media & Digital Business Telkom Joddy Hernady saat penandatanganan perjanjian bersyarat antara Telkom Indonesia dengan Cellum Global Zrt. di Budapest, Hungaria, Selasa (30/1).

123tekno.com – Jakarta, 31 Januari 2017 – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usaha PT Metranet (Metranet) memulai aliansi strategis dengan Cellum Global Zrt. (Cellum), perusahaan penyedia solusi pembayaran mobile dan jasa perdagangan elektronik asal Hungaria. Aliansi strategis tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian bersyarat oleh CEO Metranet Widi Nugroho dengan CEO Cellum Jànos Kóka serta para pemegang saham eksisting Cellum (CGI, Cellum BV, dan OTP KTA) yang disaksikan oleh SVP Media & Digital Business Telkom Joddy Hernady di Budapest, Hungaria, Selasa (30/1).

Berdasarkan perjanjian aliansi tersebut, Metranet dan Cellum sepakat akan menggarap platform mobile payment di Indonesia dan Metranet juga sepakat akan mengambil saham minoritas di Cellum bila syarat syarat yang diperlukannya terpenuhi.

CEO Metranet Widi Nugroho mengungkapkan, aliansi strategis ini merupakan upaya Metranet untuk ikut serta memperkuat bisnis digital TelkomGroup. “Kami berharap, kapabilitas di bidang digital financial services, mobile payment, dan commerce services semakin mantap, untuk melayani segmen konsumer maupun business-to-business (B2B). Ini sejalan dengan visi Metranet untuk menjadi the most reliable monetizing partner di industri online.”

 

Yusdalina Lubis, Second Secretary, Head of Economic Affair Embassy of The Republic of Indonesia in Hungary (ketiga dari kanan), CEO Metranet Widi Nugroho (kedua dari kiri) dan SVP Media & Digital Business Telkom Joddy Hernady (ketiga dari kiri) usai penandatanganan perjanjian bersyarat antara Telkom Indonesia dengan Cellum Global Zrt. di Budapest, Hungaria, Selasa (30/1).

Pada kesempatan terpisah, Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom David Bangun menegaskan, ini adalah langkah strategis dalam memperkuat portofolio bisnis digital TelkomGroup. “Dengan ini diharapkan layanan platform Digital Financial Services TelkomGroup semakin handal dan terintegrasi, yaitu mulai dari online bill, mobile e-money, sampai ke sub-sistem mobile platform lainnya. Lengkapnya ekosistem bisnis fin-tech dan digital financial services TelkomGroup diharapkan semakin memperkuat posisi kami sebagai Digital Telecommunication Company,” demikian tegas David Bangun.

Tentang Cellum

Cellum Global Zrt. (Cellum) adalah perusahaan pembayaran multi nasional yang berbasis di Eropa yang mendukung penyedia layanan perbankan, operator mobile, kartu pembayaran, dan penyedia layanan lainnya untuk menyediakan layanan-layanan m-commerce termasuk pembayaran, kupon dan skema loyalty sebagai langkah baru untuk berhubungan dengan pelanggan. Solusi-solusi Cellum membuat transaksi menggunakan telepon pintar lebih mudah dan aman, serta menjangkau seluruh area m-commerce.

Saat ini sistem yang dioperasikan oleh Cellum mengelola hampir 20 juta transaksi mobile per tahun. Cellum telah mendapatkan sertifikat PCI DSS 3.2 Level 1 Compliant, menjadikan Cellum sebagai penyedia layanan pembayaran mobile yang pertama di Eropa Tengah atau Eropa Timur yang mengadopsi standar keamanan global. Kebijakan keamanan Cellum telah membantu perusahaan menjaga 0% fraud rate selama lebih dari 17 tahun.

Cellum telah menjalin kemitraan strategis dengan beberapa perusahaan besar dunia, diantaranya IBM, Mastercard, Telenor, T-Mobile, dan Evercoss.

Didirikan sejak tahun 2000, Cellum memulai ekspansi internasional sejak tahun 2011. Cellum mendirikan sejumlah anak perusahaan di pasar Eropa, Amerika Utara dan Asia.

Tentang Metranet

PT Metra-Net (Metranet) adalah anak perusahaan PT Telkomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) yang didirikan pada 17 April 2009 dengan fokus pada bisnis digital services. Tahun 2013, Metranet fokus pada 2 portofolio yaitu Digital Payment (UPoint) dan Digital Advertising (UAd) dengan tagline “Help You Monetize More”.

Saat ini Metranet menjadi holding company untuk memperkuat bisnis konten digital. Sejalan dengan portofolio bisnis Digital TIMES (Telecommunication, Information, Media, Edutainment & Services) TelkomGroup, Metranet fokus pada 5 portofolio yaitu Digital Content, Commerce, Big Data & Analytics, Digital Advertising, dan Financial Services dengan mengoptimalkan pengembangan Digital Mediation untuk menghadirkan lebih banyak Layanan Digital.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here