Inilah yang perlu Anda Ketahui Tentang Android Go

0
113
views

123tekno.com – Selama beberapa tahun belakangan ini, Google telah mengatakan bahwa miliar pengguna akan berasal dari negara-negara berkembang seperti India. Dengan proyeksi 500 juta pengguna yang diperkirakan melakukan perjalanan online untuk pertama kalinya selama lima tahun ke depan, dan nampaknya Google melihat banyak potensi dalam pasar ini.

Perusahaan bahkan memiliki tim khusus untuk merancang produk dan solusi untuk pasar di negara tersebut. Bahkan tim tersebut sudah meluncurkan beberapa aplikasi yang diantaranya adalah penyimpanan ringan Files GO serta Wi-Fi Publik  gratis di banyak stasiun kereta api di negara tersebut, serta beberapa aplikasi lainnya.

Yang paling serius dikembangkan adalah Android Go – versi ringan Android yang dioptimalkan untuk perangkat tingkat pemula dengan spesifikasi yang rendah. Dalam sebuah kunjungan ke negara India tahun lalu, CEO Google Sundar Pichai mengatakan untuk memiliki handphone setidaknya perlu biayar sekitar  $ 30 agar dapat digunakan untuk jutaan orang India memiliki smartphone pertama mereka. Platform Android Go adalah realisasi dari upaya tersebut.

Android Go tidak berbeda dengan Android biasa

Android Go menggunakan fondasi yang sama dengan versi standar Android, namun dengan beberapa peningkatan kinerja dan stabilitas yang dilontarkan untuk memastikan perangkat tersebut bekerja pada perangkat lunak dengan perangkat keras yang kurang bertenaga. Versi pertama Android Go dibangun di atas Android 8.1 Oreo , dan OS juga memiliki fitur pengelolaan data yang terintegrasi pada tingkat sistem secara keseluruhan, memberi Anda kemampuan untuk memantau penggunaan data secara ketat.

Dan seperti semua perangkat yang disertifikasi oleh Google, ponsel Android Go akan hadir dengan Google Play Protect. Untuk Keamanan dari aplikasi berbahaya pada smartphone, yang akan terus-menerus memindai aplikasi bahkan yang belum diunduh dari Play Store – untuk memastikan perangkat Anda tetap aman.
Beberapa Rangkaian aplikasi Android Go

Karena Android Go dirancang terutama untuk berjalan di ponsel dengan RAM kurang dari 1GB, Google telah meluncurkan versi ringan aplikasinya yang disesuaikan untuk platform tersebut.

GOogle GO
via android.com

Aplikasi Google Go memberi Anda kemampuan untuk meminta kueri web dan menemukan saran, memberikan pengalaman serupa seperti aplikasi Google versi full. Selain itu ada aplikasi Google Asisten Go, yang menghadirkan Asisten perangkat dengan RAM kurang dari 1GB untuk pertama kalinya.

Selain itu terdapat aplikasi Gboard Go, keyboard ringan mempertahankan fitur yang sama-ditetapkan sebagai versi standar – autocorrect, voice typing, dukungan bahasa multibahasa, emojis dan GIF – namun dalam paket yang lebih kecil. Hal yang sama berlaku untuk Maps Go dan Gmail Go juga. Chrome di Android Go akan mengaktifkan Penghemat Data secara default.

APlikasi ringan lainnya adalah File Go adalah aplikasi pengelola penyimpanan baru Google, dan ini sangat fantastis. Ini melakukan pekerjaan yang bagus untuk menghapus file lama dan membersihkan cache perangkat, dan ini juga dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan Anda dengan mudah mengirim dan menerima file.

Aplikasi ringan yang dikombinasikan dengan aplikasi pra-instal yang lebih sedikit tentu saja akan memperluas penyimpanan sampai dengan dua kali lipat di ponsel dengan internal hanya 8GB. Selain itu Playstore pada Android Go akan lebih menampilkan aplikasi ringan yang dirancang paling baik pada platform.

Qualcomm dan MediaTek telah menjanjikan dukungan

Qualcomm dan MediaTek telah mengumumkan dukungan untuk platform Android Go. Qualcomm telah menyebutkan bahwa chipset Snapdragon low dan mid-tier akan berjalan pada ponsel Android Go.

Sedangkan untuk MediaTek, perusahaan tersebut telah mengumumkan bahwa platform MT6739, MT6737, dan MT6580 akan digunakan oleh ponsel Android Go yang akan datang. MT6580 akan digunakan oleh perangkat hanya-3G, sedangkan MT6739 dan MT6737 akan berjalan dengan handset 4G.

Datang pada akhir kuartal ini dengan harga di bawah $ 50

Diantara banyaknya produk smartphone dengan harga di bawah $100, tentu saja membuat perangkat Android Go perlu harga yang lebih rendah lagi agar menarik pembeli di negara berkembang. Pada rumor awal handphone Android Go akan dijual di harga berkisar di $30.

Micromax Bharat Go,  kemungkinan akan menjadi perangkat Android Go pertama di dunia. Perangkat ini dijadwalkan untuk melakukan debut di India dalam beberapa minggu mendatang dan diperkirakan dijual dengan harga ₹ 2.000 ($ 32) atau dalam Rupiah berkisar di harga 400 ribuan,namun belum ada informasi mengenai spesifikasi dari Bharat Go, namun pada bocoran yang sudah terlebih dahulu beredar, ponsel Android Go tersebut akan mendapatkan RAM 512MB atau 1GB dan penyimpanan internal 8GB. Dengan perilisan resmi yang dijadwalkan pada akhir Januari.

Dengan Android Go, Google bertujuan untuk menunjukkan bahwa memungkinkan menghadirkan pengalaman pengguna yang layak di perangkat seharga $ 50. Dengan mengoptimalkan perangkat lunak agar berjalan efektif pada perangkat keras bertenaga rendah dan memperkenalkan versi ringan dari aplikasi populer, Google akhirnya berada di jalur yang tepat untuk memberikan solusi hemat biaya bagi mereka yang ingin beralih dari ponsel pintar. [sumber]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here