Kaca Layar Smartphone Masa Depan Bisa Memperbaiki Otomatis Jika Retak atau Pecah

0
114
views
Foto layar smartphone pecah

Masa depan smartphone nampaknya akan semakin canggih, dimana para ilmuan terus meneliti teknologi-teknologi terbaru yang akan melengkapi smartphone masa depan. Salah satu teknologi terbarunya adalah layar kaca yang dapat menyembuhkan diri saat retak.

Foto layar smartphone pecah

Penemuan yang aneh bukan? Tetapi ini nyata! Kaca jenis ini sekarang sedang dikembangkan oleh para ilmuan di University of Tokyo setelah seorang siswa menemukannya secara tidak sengaja.

Mahasiswa pascasarjana tersebut bernama Yu Yanagisawa, ketika itu ia mencoba membuat lem untuk eksperimen, saati dia mengamati bahwa polimer semi transparan yang dikenal sebagai Polyether-thioureas. Dimana bahan ini dapat merajut dirinya kembali bersamaan saat dikompres beberapa jam pada suhu ruangan.

Dengan penemuan ini bisa menjadi masa depan yang bagus untuk smartphone, dimana nantinya pemilik dapat dengan mudah memperbaiki layar yang retak hanya dengan kedua tangan saja. Bisa jadi tidak lama lagi!

Baca Juga:

Sebuah era baru layar kaca smartphone dan perangkat elektronik lainnya

Penelitian yang lebih rinci dipublikasikan di jurnal Science , yang sekarang dipimpin oleh Profesor Takuzo Aida dari Universitas Tokyo, penemuan ini akan dapat membuat  kaca dapat penyembuhan diri tidak hanya untuk telepon tapi juga untuk perangkat rapuh lainnya, seperti jam tangan cerdas, tablet dan laptop.

Para ilmuwan juga menunjukkan fakta bahwa kaca penyembuhan diri dapat membantu menciptakan dunia yang lebih berkelanjutan karena lebih sedikit orang harus membeli ponsel baru.

 

Masalah layar pecah adalah masalah utama pada layar smartphone, walaupun sekarang ini smartphone sudah dibekali dengan layar kaca yang kuat dan tahan terhadap benda beda keras, namun tetap saja tidak kuat terhadap tekanan. Dan ketika Plimer yang baru ditemukan ini bisa mengubah semuanya.

Polyether-thioureas telah datang menjadi bahan ajaib untuk masa depan ponsel pintar. Bahan menempel kembali dalam waktu kira-kira 30 detik untuk menahannya, dan kemudian dapat kembali ke kekuatan semula dalam hitungan jam, jika disimpan pada suhu ruangan.

Polyether-thioureas ini masih dalam pengembangan dan masih membutuhkan  beberapa tahun dan beberapa generasi sebelum Polyether-thioureas bisa digunakan untuk memproduksi layar ponsel yang menyembuhkan dirinya sendiri.

sumber: filehippo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here