Di Thailand Registrasi Kartu SIM Harus Pindai Wajah dan Sidik Jari

0
190
views

Per tanggal 31 Oktober lalu pemerintah mewajibkan melakukan daftar ulang untuk kartu SIM di Indonesia, dan ketika itu banyak media yang memberitakan bahwa banyak masyarakat gagal melakukan registrasi SIM tersebut. Bahkan ada beberapa yang merasa dirugikan karena keharusan melakukan registrasi tersebut, padahal pemerintah menerapkan kebijakan ini untuk melindungi masyarakat dari penipuan.

Proses registrasi sim card

Di Indonesia sendiri registasi hanya dilakukan menggunakan nomer KTP dan KK, semantara dinegara lain seperti di Thailand mulai menerapkan aturan pemindaian wajah dan sidik jari jika ingin membeli kartu tersebut.  Dimana Komisi Penyiaran Nasional dan Telekomunikasi Thailand (NBTC) menyatakan, aturan ini akan mulai berlaku pada 15 Desember mendatang.

Baca Juga:

Dilansir dari cnnindonesia.com, “Sekretaris Jenderal NBTC, Takorn Tantasith, mengatakan bahwa keputusan ini diambil untuk memberantas penipuan berbasis elektronik”. Tidak hanya sidik jari yang digunakan melainkan juga dengan  pemindaian wajah. Keduanya akan dicocokkan dengan data yang ada di kartu identitas nasional Thailand.

Selain itu di Thailand turis asing yang datang juga akan melalui  proses pemindaian wajah dan disesuaikan dengan paspornya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here