Smartphone Terkena Cipratan Air? Coba Lakukan 3 Hal ini

0
295
views
Handphone terkena cipratan air

Hal yang paling ditakutkan dengan smartphone yang kita miliki adalah ketika terkena air, baik itu hanya sekedar percikan atau yang paling mengerikan tercebur. Sudah dapat dipastikan pemiliknya akan mengalami tingkat kepanikan yang tinggi. πŸ˜€ Kalau sering travelling atau adventure di alam, sebaiknya belilah handphone yang sudah tahan air dan debu dan sudah mendapatkan sertifikasi khusus untuk daya tahannya.

Handphone terkena cipratan air
Handphone terkena cipratan air

Jika memang belum perlu dirasa punya handphone khusus untuk berpetualang tersebut, ada baiknya Anda senantiasa waspada dan mengetahui langkah-langkah mengantisipasi apabila smartphone yang Anda miliki terkena air. Dan berikut ini 123tekno akan membahas 3 solusi ketika handphone terkena air.

Yang Terpenting adalah jangan Panik

Siapa sih yang gak panik? Pasti panik ya, apalagi smartphone tersebut memang sangat rentan dengan air, apalagi smartphone tersebut menyimpan banyak data pekerjaan sudah pasti panik banget. Tapi sebaiknya Anda harus hilangkan kepanikan tersebut dengan melakukan 3 solusi di bawah ini.

1. Pertama Siapkan Butiran Silika Gel dan simpan Smartphone di dalamnya

Sudah tahu fungsi dari Silika Gel? Jika belum Anda bisa googling ya πŸ˜€ . Singkatnya Silika Gel ini berfungsi untuk menyerap kelembaban. Jika smartphone terkena cipratan air langkah awal adalah lepas semua bagian smartphone dan masukan ke tumpukan silika gel. Jika kamu tidak punya silika gel di keadaan darurat, kamu bisa menggunakan beras. Tahukan beras? Gak tau kebangetan ya πŸ˜€

2. Hindari penggunaan Hair Drayer

Kalau rambut sih oke ya dikeringkan menggunakan Hair Drayer, tapi kalau smartphone sebaiknya Anda hindari. Sebebnya, Hair drayer akan mengeluarkan uap panas yang dapat merusak komponen luar dan dalam pada smartphone Bukannya kering malah akan memperparah penyebaran airnya.

3. Segera Lepas Baterai

Jika handphone yang Anda gunakan bisa dilepas baterainya, alangkah lebih baik langsung melepas baterai tersebut, hal ini berguna untuk mencegah kosleting yang terjadi pada komponen smartphone dikarenakan air yang masuk kebagian dalam. Nah setelah dibuka langkah selanjutnya adalah kembali ke langkah 1 yaitu masukan ke Silika Gel atau beras.

Jika langkah-langkah disini tidak membuat smartphone yang Anda gunakan membaik, sebaiknya bawa ke service center smartphone sesuai yang Anda gunakan, terlebih lagi jika masih garansi πŸ˜€

Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here